Minggu, 15 November 2009

Dongeng tanpa pakem "Ken Arok I" (Kenapa Harus Ada Aturan)

Ken Arok sebagai pembina Persatuan Sepakbola Seluruh Singosari ( PSSS ) membuka kejuaraan sepakbola bertaraf internasional Century Cup. Sebuah perusahaan multi nasional telah ditunjuk menjadi sponsor tunggal, umbul2 Reksadana milik sponsor pertandingan berkibar tanpa pesaing diseantereo stadion sepakbola yang megah itu.

Gegap gempita penonton mengiringi Team kesayangan bangsa Singosari, Team Delapan yang dikapteni Bujang Juara. Sesuai dengan namanya, team tersebut hanya berjumlah 8 orang, sebab setelah diadakan seleksi nasional, hanya 8 orang pemain itulah yang memenuhi syarat. Namun karena rakyat Singosari percaya dengan kesaktian para pemain tersebut walaupun hanya berjumlah 8 orang dan juga langsung dipilih oleh Ken Arok, rakyat Singosari yakin team delapan mampu mengalahkan team musuh.

Pertandingan pembukaan adalah pertandingan babak penyisihan antara Team Delapan Vs Team Komodo. Team Komodo adalah Team Buaya yang namanya telah didiskwalifikasi sehingga untuk dapat mengikuti pertandingan harus berganti nama menjadi Team Komodo. Team Delapan sudah berdiri ditengah lapangan melakukan pemanasan sambil menunggu team Komodo yang belum memasuki lapangan. Sorak sorai penonton mengiringi aksi pemanasan team delapan dan bersamaan waktunya team Komodo memasuki lapangan dengan santai sambil me-lambai2kan tangannya.

Wasit memberi aba2 agar para pemain menempati posisi masing2, dalam sekejap para pemain telah siap bertanding dalam formasi seperti yang diintruksikan pelatih. Tiba2 Bujang kapten Team delapan protes kepada wasit karena melihat penjaga gawang Team Komodo ada 2 orang.

” Saya protes….penjaga gawang tidak boleh 2 orang ” Teriak Bujang. Wasitpun menjelaskan bahwa tidak ada aturan yang mengatur jumlah pemain berdiri dibawah mistar gawang. Bujang tersadar memang tidak ada aturannya tetapi dia heran mengapa pemain Komodo terlihat lebih ramai. Setelah dihitung, ternyata pemain Komodo berjumlah 15 orang.

” Saya protes…pemain Komodo tidak boleh 15 orang..!” Teriak Bujang lagi. Wasit menjelaskan lagi, seharusnya pemain berjumlah 11 orang, karena team delapan hanya berjumlah 8 orang orang, team Komodo dianggap tidak menyalahi aturan karena semua team sudah sepakat bahwa jumlah pemain tidak harus 11 orang.

” Tidak adil.. saya kan karena keadaan ….!!!” Teriak Bujang. Wasit menjelaskan lagi, bahwa aturan itu memang dirasakan kadang tidak adil bagi kita, tetapi aturan harus dipegang teguh.

” Saya tetap protes…!!! ” Teriak Bujang yang tidak puas dengan penjelasan wasit.

Wasitpun mengingatkan Bujang agar tetap taat pada peraturan, kalau tidak mau mengikuti peraturan, wasit mempersilahkan team Delapan keluar dari lapangan yang berarti Team Komodo memenangi pertandingan itu.

Tidak ada komentar: